Gerhana Bulan Penumbra Terjadi Hari Ini, Terlihat di Amerika Serikat, Bagaimana di Indonesia?

Posted on

Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan jika di hari ini Minggu, 5 Juli 2020 akan berlangsung Gerhana Bulan Penumbra.

Gerhana bulan berlangsung saat bulan ada disamping bersimpangan Bumi dari matahari serta melalui bayangan Bumi.

Gerhana penumbra ialah gerhana dimana bulan tidak capai sisi yang semakin gelap dari bayangan bumi.

Kejadian Gerhana Bulan Penumbra kesempatan ini adalah serangkaian kejadian yang akan berlangsung berdasar kalender astronom pada LAPAN.

Tetapi sayangnya kejadian alam Gerhana Bulan Penumbra kesempatan ini tidak nampak di Indonesia, sebab Bulan telah ada di bawah ufuk.

“Gerhana Bulan Penumbra kesempatan ini berlangsung start pukul 10.07.23 WIB sampai 12.52.21 WIB, dengan pucuk gerhana pada jam 11.29.51 WIB,” catat account Instagram Pusat Sains Antariksa LAPAN, diambil Mantrasukabumi.com pada Minggu, 5 Juli 2020.

Disamping itu LAPAN juga tuliskan, bila daerah yang bisa lihat kejadian alam ini di sejumlah daerah seperti Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, serta beberapa negara yang ada di Kepulauan Karibia.

Dikutip dari situs Ruang, Gerhana Bulan nampak waktu Bulan terbenam di beberapa daerah Afrika serta Eropa. Disamping itu, di daerah Selandia Baru serta Hawai kejadian ini berlangsung saat Bulan sabit.

Disamping itu, di daerah Amerika. Gerhana Bulan akan nampak pada larut malam atau waktu Bulan ada di pucuk paling tinggi di langit.

Bulan yang disebut satelit alami Bumi itu akan melalui bayangan Bumi. Hingga tingkat kecerahannya sinar menyusut, serta ada beberapa yang tidak nampak.

Kejadian alam yang akan berlangsung di hari ini disebutkan Gerhana Bulan Penumbra, dimana Bumi tutupi beberapa Matahari bila disaksikan dari Bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *