PREDIKSI TREN TEKNOLOGI 2020

Posted on

Masa 2020 bisa menjadi tahun dimana semua pengembangan mengenai tehnologi banyak muncul, dari mulai kepandaian kognitif, in-memory-computing, komputasi fault-tolerant, sampai perkembangan industri IoT.

Menurut Alibaba DAMO Academy, satu ide analisa global yang diprakarsai Alibaba Grup, meramalkan timbulnya trend tehnologi tentang design chip modular sampai AI membuat perlindungan privacy data.

“Kita hidup di masa dengan perkembangan tehnologi yang cepat. Terutamanya, generasi baru tehnologi TI yang diikuti dengan terobosan tehnologi komputasi awan, artificial intelligence, blockchain, data intelligence, serta 5G yang diinginkan bisa percepat jalannya ekonomi digital,”

Kecuali menjajal beberapa hal yang belum tahu awalnya, ia memberikan tambahan, lewat riset ilmiah serta tehnologi, faksinya kerja dengan pemain di industri untuk menggerakkan pengembangan di beberapa industri, membuat tehnologi semakin gampang dibuka untuk usaha serta warga biasanya.

Menurut DAMO Academy, berikut lima perkiraan trend tehnologi pada tahun 2020:

1. AI bertumbuh jadi kepandaian kognitif

AI sudah melebihi batas manusia di bagian kepandaian perseptual seperti speech to text, NLP (alamiah language processing), pandangan video, serta ada banyak lagi.

Tetapi di bagian kepandaian kognitif yang memerlukan pengetahuan external, penalaran rasional, atau migrasi domain, AI masih ada di step awal peningkatan.

Kepandaian kognitif akan menarik ide dari psikologi kognitif, pengetahuan otak, serta riwayat sosial manusia, digabungkan dengan beberapa tehnik.

Mulai seperti lintas domain pada diagram pengetahuan. Inferensi kausalitas Serta evaluasi berkepanjangan untuk membuat proses yang efisien untuk memperoleh konsistensi waktu pemerolehan serta mengekspresikan pengetahuan.

2. IoT di bidang industri

Pada 2020, tehnologi 5G, perubahan cepat piranti IoT, komputasi awan.
Serta edge computing akan percepat kombinasi di antara skema info, skema komunikasi, serta skema kontrol bagian industri.

Lewat Industrial IoT, perusahaan manufaktur bisa merasai tehnologi mekanisasi mesin,
Logistik di pabrik, serta penjadwalan produksi, untuk langkah untuk mewujudkan mode usaha C2B manufaktur pandai (consumer to business smart manufacturing).

3. Peluang berlangsungnya kerjasama jumlah besar antar mesin

Mesin yang bergerak dalam kepandaian tunggal tidak bisa penuhi keinginan dengan cara real time serta jumlah besar.

Karena itu peningkatan di antara IoT serta tehnologi 5G akan merealisasikan kerjasama antara banyak mesin. Bekerja bersama satu dengan yang lain serta berkompetisi untuk mengakhiri sasaran.

4. Design modular menolong proses kerja chip semakin gampang serta lebih cepat

Mode tradisionil design chip tidak bisa dengan cara efektif menyikapi keperluan produksi chip yang bertumbuh cepat, direproduksi, serta sesuai.

Design chip SoC open source berdasar RISC-V bahasa gambaran piranti keras tingkat tinggi. Serta cara design chip modular berbasiskan IP sudah percepat peningkatan cara design yang lincah serta ekosistem chip open source.

Disamping itu cara design modular berdasar pembuat chip bisa dengan cepat kirim serta sesuaikan chip yang telah berhasil lolos seleksi.

5. Cloud jadi pusat pengembangan tehnologi TI

Dengan perubahan tehnologi komputasi awan yang berkepanjangan, cloud sudah bertumbuh jauh melebihi ruangan cakupan infrastruktur TI.

serta dengan cara setahap bertumbuh jadi pusat dari semua pengembangan tehnologi TI.

Cloud mempunyai jalinan yang erat dengan sebagian besar tehnologi TI termasuk juga chip baru database baru. Jaringan adaptif self-driving big data AI IoT blockchain komputasi kuantum serta yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *